Senin, 02 Januari 2012

Menghindari Infeksi Menular Seksual

Pentingnya Menjaga Pergaulan untuk Menghindari Infeksi Menular Seksual

Infeksi menular seksual disebut juga dengan penyakit masyarakat. Penyakit infeksi menular seksual tak hanya menyerang secara fisik namun juga psikis. Biasanya, orang yang mengidap infeksi menular seksual akan dikucilkan dari pergaulan.
Mengapa seseorang bisa terkena infeksi menular seksual (IMS)?
Hidup bebas dengan berganti-ganti pacar merupakan salah satu sebab mengapa seseorang bisa terkena infeksi menular seksual. Mengapa mereka bisa terkena infeksi menular seksual hal tersebut karena gaya hidup bebas yang mereka anut.
Infeksi menular seksualLogikanya, organ sensitive atau organ intim kita harus kita jaga dengan baik. Organ tersebut sangat rentan dengan beragam virus atau penyakit. Jangankan masalah pergaulan bebas, masalah kebersihan saja juga sangat berpengaruh terhadap organ intim kita. Coba missal kita tidak peduli dengan tidak pernah membersihkan organ intim kita, apa yang akan terjadi. Itu sebabnya, kita bisa membayangkan bukan bagaimana bila kita memperlakukan organ intim kita dengan sembarangan, salah satunya dengan gaya hidup bebas.
Gaya hidup bebas sesungguhnya bukanlah sebuah trend positif. Banyak sekali hal-hal negative yang akan kita terima bila kita melakukannya, salah satunya adalah terkena infeksi menular seksual. Seseorang tak bisa mendeteksi apakah pasangan yang sedang bersamanya tersebut memiliki perilaku yang sehat, apakah pasangan yang sedang bersamanya tidak memiliki infeksi menular seksual, karena infeksi menular seksual memang tidak bisa dilihat secara fisik. Belum tentu orang yang dari segi penampilan terlihat bersih tidak memiliki infeksi menular seksual.
Menurut penelitian para ahli infeksi menular seksual yang ada di kota besar jauh lebih banyak daripada infeksi menular seksual  di kota kecil. Mengapa hal tersebut bisa terjadi, jawabannya adalah:
  1. Di kota besar norma kesusilaan dianggap sudah tidak ada lagi. Sebagian besar masyarakatnya open minded baik untuk hal-hal yang positif maupun negative.
  2. Di kota kecil atau desa barangkali, adat ketimuran masih dianggap sangat kental. Siapapun yang melanggar akan mendapatkan sanksi dari masyarakat yaitu dikucilkan dari pergaulan.
  3. Meski tidak bisa dijadikan patokan, umumnya masyarakat yang terdapat di kota kecil tidak terlalu ingin berbuat yang aneh-aneh daripada masyarakat di kota besar.
  4. Masyarakat di kota besar memiliki banyak masalah. Salah satu pelarian yang mereka pilih adalah dengan melakukan pergaulan bebas. Pergaulan bebas dianggap sebagai solusi dari masalah yang mereka hadapi.
Ketika mereka sedang bersenang-senang, sesungguhnya mereka tidak menyadari akan bahaya yang sedang mengintai. Betapa tidak, mereka sebenarnya telah menyiapkan kuburan bagi diri mereka sendiri.Infeksi menular seksual (IMS) merupakan sebuah penyakit yang pengobatannya membutuhkan perawatan khusus, Biasanya bila seseorang sudah terkena infeksi menular seksual akan sulit untuk sembuh. Terlebih ada infeksi menular seksual yang tidak bisa disembuhkan bahkan bisa menyebabkan kematian.
Apa saja ciri-ciri dari infeksi menular seksual. Berikut ini adalah cirri-cirinya, yaitu:
  1. Gatal-gatal di sekitar organ intim. Rasa gatal yang tidak biasa dan hebat tentunya.
  2. Terdapat bintik-bintik seperti jerawat di sekitar organ intim.
  3. Ada juga yang sampai bernanah dan berdarah, hal ini memang sedikit menjijikkan.
  4. Infeksi di sekitar organ intim.
Apa yang terjadi bila sudah seperti itu?
Bila seseorang memiliki tanda-tanda seperti yang disebutkan di atas, maka ia harus segera memeriksakan diri, apakah ia menderita infeksi menular seksual ataukah tidak, karena ciri-ciri tersebut sama dengan ciri-ciri penderita infeksi menular seksual.
Sebagai pencegahan, seseorang bisa melakukan hal sebagai berikut:
  1. Bersikap setia terhadap pasangan halal.
  2. Bagi yang belum menikah sebaiknya tidak bergaul secara bebas.
  3. Selalu membersihkan organ intim.
  4. Memilih pasangan hidup yang baik dan tidak memiliki riwayat pergaulan hidup bebas.
  5. Tidak pernah tergoda walau hanya sekali untuk masuk dalam dunia pergaulan bebas.

0 komentar:

Posting Komentar

Entri Populer

 

©2009 SEKS & GAIRAH | by TNB